tips cari kos - kosan.

sahabat marginalers yang mungkin nanti habis lulus mau ngelanjutin ke perguruan tinggi, dan tempatnya jauh. bahkan mungkin di pulau sebrang pasti bakalan nih cari yang namanya kos2an, berikut tips untuk sahabat2 yang mudah2an bermanfaat.

1. Lokasi . Alasan utama orang mencari kos adalah karena kedekatan dengan tempat kerja atau tempat kuliah. Pastikan akses ke tempat yang biasa anda bekerja/belajar/kuliah cukup dekat. Lihat juga lingkungan sekitarnya. Apakah anda merasa cocok tinggal di daerah tersebut ? Bagaimana dengan akses kendaraan umum?.

2. Air . Air adalah kebutuhan utama manusia. Pastikan bahwa air cukup tersedia dan memenuhi kriteria anda. kan gak lucu tuh pas mau cebok kehabisan air.

3. Fasilitas yang tersedia. Ada banyak variasi fasilitas yang disediakan oleh tempat kos, contohnya kamar mandi, wi-fi, TV cable, furniture, parkir mobil, keamanan 24 jam, AC, water heater dan lain-lain. Pastikan anda mendapatkan apa yang anda butuhkan.

4. Bandingkan beberapa tempat kost di daerah yang anda inginkan. Bandingkan bagaimana lokasinya, air, maupun fasilitas lainnya. dan harganya . hehehe

5. Harga . Pastikan harga yang anda bayarkan sesuai dengan nilai yang anda dapatkan. Pastikanf fasilitas apa saja yang termasuk ke dalam harga tersebut. Apa yang harus dibayar lebih (extra charge), tapi kalau saya sih pilih yang seklai bayar aja semua. semisal listrik. dari pada uang jajan ikut kesedot buat bayar listrik mending yg langsung dari awal bayarnya.

segitu aja yah tipsnya, semoga bermanfaat.