Pentingnya KKN (KULIAH KERJA NYATA)

Artikel terkait : Pentingnya KKN (KULIAH KERJA NYATA)

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah salah satu kegiatan perkuliahan  yang menuntut mahasiswa untuk mengaplikasikan teori-teori yang dimilikinya ke dalam wujud nyata di dalam masyarakat. Kuliah Kerja Nyata (KKN) juga merupakan bentuk konkrit dari pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang di dalamnya mencakup bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Dengan kegiatan ini, mahasiswa diharapkan dapat menerapkan disiplin ilmu yang dipelajarinya ke dalam bentuk pengabdian dan pendampingan langsung kepada masyarakat serta sebagai pengembangan ilmu dan pengalaman yang didapat sebelumnya. Selain itu, Kuliah Kerja Nyata (KKN) juga dapat meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menganalisis dan memecahkan masalah-masalah yang terjadi di dalam masyarakat yang sekaligus sebagai media untuk belajar membangun hubungan baik dalam suatu komunitas masyarakat.

Walaupun pengabdian merupakan bentuk konkrit dari Trias Akademika, dengan keterbatasan waktu dan materi, Kuliah Kerja Nyata (KKN) belumlah cukup untuk dijadikan target pengabdian yang sebenarnya. Namun, yang terpenting di sini adalah kita harus bisa menjadikan pendidikan sebagai suatu prioritas utama dalam KKN dengan menyeleksi berbagai pengalaman, mulai dari berusaha untuk beradaptasi, bersosialisasi, dan saling membantu dalam menjalankan berbagai program kerja hingga memberikan solusi terhadap permasalahan yang timbul dalam internal mahasiswa KKN maupun yang terjadi di tengah-tengah masyarakat majemuk seperti di Desa Jayaguna. Hal ini dikarenakan permasalahan yang terjadi pada era pembangunan ini sangat kompleks. Oleh karena itu, diperlukan penanggulangan secara menyeluruh dengan keterlibatan mahasiswa dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang bertujuan melatih para calon sarjana untuk bekerja dengan baik dalam mengatasi suatu permasalahan secara sistematis.

Artikel modelbelajar.web.id | Metode, strategi, dan model pembelajaran Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan bijak, sopan, dan santun. termiakasih telah mampir dan membaca blog kami.

Copyright © 2015 modelbelajar.web.id | Metode, strategi, dan model pembelajaran | Support by Warnetgea