Etika Penelitian

Artikel terkait : Etika Penelitian

menyakinkan bahwa responden informasi terlindungi dengan memperlihatkan aspek – aspek self determination, privacy, anonymity, informedconsent dan protection from discomfort (Sugiono, 2006).


  1. Self  Determination. Informasi diberikan kebebasan apakah bersedia atau tidak untuk mengikuti keinginan penelitian.
  2. Privacy Informan dijaga ketat yaitu dengan cara menjaga informasi yang didapatkan dari mereka dan hanya untuk penelitian ini.
  3. Anonimity, selama kegiatan penelitian nama responden tidak digunakan sebagai gantinya peneliti menggunakan nomor informasi.
  4. Inform Consent. Seluruh informasi yang bersedia menanda tangani surat persetujuan menjadi subjek penelitian setelah menandatangani dan menjelaskan tentang tujuan, manfaat dan harapan penelitian terhadap informasi, juga setelah informasi memahami semua penjelasan dari penelitian.
  5. Protection from discomfort. Informan bebas dari rasa tidak nyaman . Peneliti menekankan bahwa apabila informasi merasa tidak aman dan nyaman dalam menyampaikan informasi sehingga menimbulkan gejala psikologis maka informasi dianjurkan untuk memilih, yaitu menghentikan untuk berpartisipasi atau melanjutkan.

Artikel modelbelajar.web.id | Metode, strategi, dan model pembelajaran Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan bijak, sopan, dan santun. termiakasih telah mampir dan membaca blog kami.

Copyright © 2015 modelbelajar.web.id | Metode, strategi, dan model pembelajaran | Support by Warnetgea