Kenapa vaksinasi dan imunisasi penting bagi negara

Kita pasti sepakat bahwa informasi adalah sesuatu yang penting yang memudahkan kehidupan manusia, semakin gampang mendapatkan informasi tentu kita akan tahu banyak hal dan jika informasi itu bermanfaat tentu akan mempermudah kehidupan kita, zaman modern saat ini sangat mudah mendapatkan informasi karena adanya dunia maya dan mesin pencari informasi canggih seperti google.

Bangsa Maya kalah dengan Spanyol salah satunya karena tidak memiliki kekebalan terhadap penyakit menular


Betapa pentingnya informasi bagi kehidupan ini, bahkan tubuh ini juga perlu di berikan informasi untuk terhindar dari penyakit-penyakit berbaya, apa itu ? itu adalah informasi genetik tentang penyakit, tubuh perlu di beritahu atau paling tidak pernah mengalami suatu penyakit dan kemudian selamat dari pernyakit tersebut dan pada akhirnya kebal dengan penyakit tersebut di kemudian hari. lah tapi ndak semua bisa selamat jika terpapar langsung to? maka itu manusia modern "ngakal" melemahkan penyakit tersebut hingga resiko kematian menjadi "Nol" dan memberikan nya ketubuh manusia agar bisa menerima informasi genetik tersebut tanpa perlu sakit parah dan kemudian menjadi kebal terhadap penyakit ini. Ini lah yang di kita sebut dengan “Imunisasi” dan “Vaksinasi” .


Sejarah pernah mencatat betapa menderitanya Bangsa Maya karena terpapar virus yang dibawa oleh bangsa Spanyol yakni variola, campak, dan influenza. Penyakit tersebut, ditambah dengan tifus dan demam kuning, sangat berdampak pada penduduk Maya. Penduduk asli di Dunia Baru tidak memiliki resistensi terhadap penyakit-penyakit tersebut. Akibatnya, penyakit tersebut menewaskan banyak tentara dan penduduk tanpa perlu terjadi pertempuran. Kedatangan penyakit-penyakit tersebut merupakan bencana bagi penduduk asli Amerika; diperkirakan 90% penduduk asli Amerika tewas akibat penyakit dalam satu abad setelah kontak dengan bangsa Eropa. Hal ini dikarenakan tubuh bangsa maya pada saat itu belum pernah terpapar penyakit-penyakit tersebut tubuh belum memiliki kekebalan genetis.


Dunia modern saat ini, orang-orang di seluruh penjuru dunia bebas kemana saja, berwisata kemana saja, kenegara manapun yang di inginkan jika mempunyai dana yang diperlukan, Indonesia juga termasuk destinasi wisata yang sering di kunjungi, dari sabang sampai merauke menarik perhatian mata dunia. Orang lokal Indonesia pun bebas kemana saja ke penjuru Indonesia untuk bekerja ataupun berwisata, kita tidak tahu orang-orang itu atau kia sendiri adalah pembawa gen penyakit atau tidak, oleh karena itu Jangan sampai anak-anak kita terkena dampak virus dan penyakit berbahaya ini lah pentingnya vaksin dan imunisasi, kita memberika informasi genetis ketubuh demi membentingi tubuh kita dari penyakit berbahaya. Bahkan di Negara-negara tertentu mewajibkan orang yang datang berkunjung untuk vaksin terlebih dahulu. Dengan menjadi manusia modern yang sehat dan kebal terhadap penyakit tentunya kita bisa bersaing dengan Negara lain, dan tidak tertinggal.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama.


Poncowarno, 09-20-2018