Apa itu istilah edgy dalam media sosial



Jadi jaman sekarang anak2 remaja agar terlihat gaul atau istilah keren nya jaman sekarang remaja Edgy, agar mereka terlihat edgy di dunia maya, mereka biasa menggunakan kata-kata slang, atau jadul nya di sebut kata-kata gaul. lebih kekinian bahasa-bahasa mereka lebih sering di bumbui kata-kata negatif semisal "tolol" "goblok", dan atau kata-kata vulgar semilal kelamin manusia tapi di plesetkan contoh misal nya "Kontlo", "memk", Ngetd" dll, kata-kata itu kerap kali muncul di fanspage Shitposting ataupun fanspage Meme Comic, demi telihat sebagai remaja edgy mereka membiasakan diri menulis komen atau membalas komen dengan kata-kata di atas. padahal sih banyak di antara mereka itu cuma anak ingusan yang masih SD kelas 3-5.

Kemudian dalam perkembangannya, fashion yang edgy semakin lama dianggap semakin aneh karena dianggap cuma ingin tampil beda. Fashion yang edgy pun mulai menjadi bahan olok-olok karena bergaya sok keren tapi norak. Akhirnya muncul istilah slang atau bahasa gaul yang mengasosiakan edgy dengan sesuatu yang norak, tidak hanya dalam lingkup dunia fashion saja. Di kalangan warganet, edgy menjadi memiliki makna peyoratif untuk menyebut sesuatu yang sok keren, sok canggih, padahal sebenarnya norak.
Jadi edgy memiliki beberapa makna, yaitu:
  1. Bertepi tajam
  2. Tersudut, tegang, gugup, gelisah
  3. Tren terkini yang inovatif, tidak wajar, tidak konvensional, provokatif
  4. (Slang/tidak formal) norak

kebiasaan-kebiasaan terus menerus didunia maya ini akhirnya mempengaruhi juga pengunaan pembedaharaan kata di dunia nyata, karena di lakukan terus menerus, komentar di dunia maya kadang tanpa ada batasan umur, karena di dunia maya kita cenderung tidak mengetahui saiapa lawan bicara kita sebenarnya apakah dia umurnya lebih tau atau apapun itu, karena kadang data yang di masukan ke profil media sosialnya tidak sperti sebenarnya. kadang kala anak-anak "sok" edgy ini komen-komenan dengan orang dewasa dengan bahasa mereka, untuk orang awam yang gak mengerti mungkin bahasa mereka akan terlihat kasar, dan memang benar begitu adanya. sehingga muncul rasa jengkel dan terpancing emosi untuk balas komen yang kasar pula, namun kita harus mahfum dengan keadaan ini, balas komen dengan baik-baik saja atau nasehati saja sekedarnya, namun biasanya model anak begini sudah gak mempan dinasehati, maka ada baiknya di biarkan saja, karena mereka cuma cari perhatian kalo dalam istilah edgy nya mereka lagi "mancing" " cari ikan" cari-cari orang emosi agar mereka di komentari, mereka sejatinya seperti anak yang berkebutuhan khusus atau anak yang kurang perhatian, sehingga melakukan hal-hal tersebut, ada baiknya di biarkan saja. remaja yang sudah akut edgynya akan hilang respect sama siapapun, entah itu guru, orang tua sendiri, dll, maka tidak jarang kita temukan akhir-akhir ini anak yang ngelawan guru, anak yang nantangi guru , kemudian di rekam dan di masukan ke media sosial, lagi-lgi ini adalah untuk menncari eksistensi di dunia maya agar mereka di kenal karena ke "edgy" an nya.

contoh komentar remaja sok "edgy"



dan kita sebagai orang tua harus perhatian juga dengan prilaku anak kita di dunia maya, paling tidak kita berteman dengan anak kita, jika dia sudah punya hp sendiri dan memiliki akun media sosial, perhatikan komentar-komentar anak kita di fanspage-fanspage lawak seperti fp shitposting, meme comic dan sejenisnya. beri perhatian jika anak mulai muncul tanda-tanda penyakit edgy, ini. sebagai orang tua milenial sudah seharusnya kita juga paham teknologi masa kini biar tidak di "akali" oleh anak kita sendiri.


semoga bermanfaat.